Review: Si Mungil Vaseline Petroleum Jelly Original for The Super Benefits

By Elisabeth G - 12:19:00 AM

Hi Beauty Readers

Gimana kabar kalian di awal tahun 2018 ini?
Happy new year for you all, before i start my first blog in the beginning of this year.



Langsung aja yah, kali ini aku mau review product mungil keluaran dari perusahaan besar unilever yaitu Vaseline Petroleum Jelly Original yang punya manfaat luar biasa banget. I know, agak basi yah aku baru bahas ini, karna product ini nampaknya sudah hype di tahun lalu. But it's okay, better late than never rite? 
Mungkin kebanyakan orang terlebih buat kalian yang belum pernah coba, hanya tau produk ini untuk mengatasi masalah perbibiran. Ternyata selain itu masih banyak manfaat lainnya yang bisa dihasilkan dari produk mungil ini loh.

Sebelum aku membahas secara dalam si Petroleum Jelly dari Vaseline ini, mungkin aku akan sedikit menjelaskan apa sih "Petroleum Jelly" itu?
Petroleum jelly, commonly known by the most popular brandname Vaseline, is a derivative of oil refining. Originally found coating the bottom of oil rigs in the mid-1800s, it’s a byproduct of the oil industry and therefore an unsustainable resource (read: noteco-friendly). It’s commonly used topically to cure everything from dehydrated, flakey skin to diaper rash. (source)
 Dari website-website yang aku baca, ternyata banyak orang yang salah persepsi dari fungsi si Petroleum Jelly ini. Banyak yang mengira bahwa Petroleum Jelly dapat melembabkan kulit, ternyata tidak. Why? Karena Petroleum Jelly ini melapisi kulit kita agar "water resistant". Jadi kadar air didalam kulit kita tidak cepat menguap dan kulit tetap terjaga kelembabannya. Tapi bukan hanya itu saja, tidak cuma air yg dikunci tetapi apapun yang menempel di kulit kita saat itu. Jadi saat pemakaian Petroleum Jelly ini sangat disarankan keadaan kulit kita bersih dan steril karna jika tidak, dia akan mengunci kotoran serta debu untuk terus menempel di kulit kita.

Some facts about petroleum jelly :
  • Jangan pakai petroleum jelly didaerah sekitar hidung, karena jika sampai masuk ke paru-paru, dapat menyebabkan radang paru-paru/lipid pneumonia.
  • Karena petroleum jelly ini diambil dari hasil pemurnian minyak, ada beberapa yang bilang apabila penyaringannya kurang bersih bisa bikin petroleum jelly ini bersifat karsiogenik atau dapat menyebabkan kanker.
  • Dapat menyumbat pori karena tidak bisa luruh jika hanya dicuci dengan air, solusinya kita harus pakai sabun atau bahan pembersih lainnya.
  • Disarankan untuk tidak dipakai dikulit yang sensitif dan berjerawat karena terlalu "berat" kandungannya terutama jika dipakai dibagian hidung secara terus-menerus.
  • Hanya mengunci kelembabannya. Bukan memberikan kelembaban.

Terlihat jika disimpulkan agak serem yah ternyata Petroleum Jelly itu. Tapi sebenernya gak juga kok, selama kita menggunakannya secara benar dan dalam kadar yang tepat.  
Jadi, dari pada kamu galau dan takut langsung aja yah aku review si Vaseline Petroleum Jerlly Original. 
Please keep on reading! :)

PACKAGING

Kemasan yang aku beli ini kebetulan ukuran mini nya yg 50mL. Setalah aku googling, ada ukuran yg lebih besarnya juga 100mL dan 250mL. Kemasannya tuh kecil imut-imut gitu jadi travel friendly. Tutupnya sendiri berbentuk flip jadi mudah dibuka dan ditutup dengan rapat, dan tutupnya pun gak bisa ilang karna nempel sama kemasannya. (beda dengan Vaseline Lip Therapy). Saat masih dalam keadaan baru, kemasannya juga dikasih wrap plastic  jadi steril. gabisa kena sentuh atau colekan nakal orang-orang iseng yang cuma liat dan nyobain tp gamau beli. Hehe.


 
Dibagian belakangnya as usual ada ingredientsnya jelas. Disitu mereka pun menekankan lagi bahwa produk ini diklaim "Teruji klinis memperbaiki kulit sangat kering" jadi ini lebih diperuntukan bagi yang kulitnya memang bermasalah "kering" bukan untuk kulit normal.

TEKSTUR

Bentuk tekstur gel ini seperti balsem versi agak lembut sedikit. Baunya tidak ada sama sekali. Jika dilihat dari packagingnya warna pertoleum jelly ini putih gading, namun saat diaplikasinya hasilnya no color. Bentuknya padat tapi kalo mau dicolek gampang dan gak keras kok. Biar gak kotor, karena kita dipaksa untuk mengambil langsung dengan jari, kadang aku suka mengakalinya dengan cutton bud. 

Hasil finishingnya akan terlihat berminyak tapi gaperlu khawatir itu hanya hasil diawal, namun lama kelamaan akan meresap. Pakainya pun harus disesuaikan dengan kebutuhan dan secukupnya, jangan sampai kebanyakan. Aku pribadi pakai hanya di malam hari saja, karena untuk perawatan, maka lebih cocok digunakan sebelum tidur. Disaat itulah tubuh beristirahat dan daya kerjanya lebih maksimal untuk mengganti sel kulit mati dengan sel kulit baru sehingga bikin kulit jadi makin sehat serta cantik alami. Sedangkan dipagi hari aku menggunakan produk tetangga yang menurut aku memang dikhususkan untuk bibir dan melembabkan. 

Hasil kerja dari Vaseline Petroleum Jelly ini cukup baik untuk mengobati bibir kering dan pecah-pecah. Jadi buat penggemar lipstick/ lipcreame berbentuk matte yang bisa buat bibir kering ditambah dengan cuaca panas penting nih pake ini rutin saat malam hari setelah beraktifitas. Girls, bibir itu salah satu aset kita as a girl loh (walaupun jomblo). Jadi kalo bisa kurang-kurangin pemakaian lipmate atau sejenisnya dan diimbangi juga dengan liptint atau lipstik biasa atau yang glossy (i think glossy one will be hype in this year!).

Sampai saat ini Vaseline Petroleum Jelly mengeluarkan banyak variannya. Ada yang ditambah wangi cocoa butter dan ada juga yang khusus untuk baby. Bedanya dengan yang original, seri cocoa butter dan baby ini ada tambahan pewangi dan ekstrak lain. Jadi gak 100% pure pertoleum jelly.

Oh iya, produk ini juga ngingetin aku sama produknya oriflame yang udah lama aku punya semenjak lip balm/ petroleum jelly ini hype.  "Tender Care" dengan packaging yang lebih imut-imut dan kemasan yang sweet pinkish sempet terlihat sangat menggiurkan pada jamannya dulu. Tapi beda lah ya, Vaseline Petroleum Jelly ini much better dan lebih smooth dari segi tekstur. 

Aku sempet sedikit ngebandigin juga produk Petroleum Jelly ini sm Lip Therapy di bagian awal mengenai packaging yah. Aku sih belum pernah nyoba, dan gak berniat nyobain juga. Nah si Vaseline Lip Therapy itu produk yang dikhususkan untuk bibir dengan komposisi sama aja yaitu petrolatum jelly ditambah pewangi dan pewarna. Kemasannya beda tipis hanya di tutupnya. Kurang paham juga ya kenapa Vaseline harus mengeluarkan seri beda-beda gini yang pada intinya sih sama aja haha. 

Selain untuk bibir ada beberapa claim dari banyak sumber yang sudah aku simpulkan kegunaan dari Vaseline Petroleum Jelly:

*melentikkan dan memanjangkan bulu mata*
Jujur pertama kali aku mau nyobain agak sedikit takut. Takut kena mata kan bahaya. Jadi aku gak nyobain rutin cuma pertama kali aja dan hasilnya pun nihil. Selain bulu mata aku yang diciptkan tipis dan tiduran (tidak lentik sama sekali), ya i know aku cuma pakai sekali. So what do you expect sih.

*menebalkan alis*
Ini agak gengges sih di aku. Pertama karna pada dasarnya alis aku udah tebel dari sananya. Kedua bahan dasarnya yang terbuat dari oil itu jadi pas tidur suka geser. Ini dikecualikan buat kalian yg tidurnya cantik gak lasak atau grasak grusuk yah, like me :p

(dan masih banyak lagi sepertinya, tapi aku hanya mencoba dua hal diatas dan yang menurut aku sih masih sedikit masuk akal)

PRICE
Harga aslinya sekitar 25,000an, tapi aku beli di Watson waktu itu lagi diskon jadi 19,000 only.

Pro's Vaseline Petroleum Jelly Original :
  • Multifungsi, bisa untuk mengobati segala keluhan kulit kering dan pecah-pecah, bikin kuku tampak lebih cantik berkilauDapat melembabkan bagian kulit yang kering
  • Packagingnya travel friendly dengan model tutupnya yang flip
  • Teksturnya padat tapi mudah dibaur
  • Ekonomis pemakaiannya, hanya oles sedikit saja
  • Harganya sangat terjangkau, untuk ukuran lebih besar harganya pun tidak terlalu jauh bedanya, jadi sebenarnya lebih untung beli ukuran yang besar aja sekalian.
Con's Vaseline Petroleum Jelly Original:
  • Sangat berminyak, jadi aku menyarankan dipakainya sedikit aja dan saat malam hari
Itu saja review aku untuk si mungil  Vaseline Petroleum Jelly Original
This is my honest review setelah menggunakan produk ini selama sebulan. Sebenarnya efeknya terasa sejak pemakaian di hari pertama, dan so far tidak ada efek samping yang ditimbulkan.

I give the score 4.5/5 for this product.
Repurchase? Yup! 

Thanks for read my blog,
Bye, Beauty Readers




  • Share:

You Might Also Like

14 comments

  1. Aku juga pake ini dan udh jar ke 2 hahaha. Krn bibirku kyk gurun sahara jadi aku pake tiap 3 jam sekali :") Emang sih ini bagus buat nge-lock kelembaban di bibir jadi nggak gampang kering, walaupun emg minyak banget

    kaniarda.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ar u sure pake 3 jam sekali? memang km gak pake lipstick sis? kalo aku sih malem aja cukup.

      Delete
  2. Ini produk must have buat semua cewek! Multifungsi lho Vaseline petroleum jelly ini. Saya sudah pakai sejak masih SMA alias belasan tahun lalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow aku ketinggalan jaman banget dong ya. Baru kenala taun 2018 ini. hehe

      Delete
  3. Jagoanku untuk bagian sikut tangan yang kering hihihi


    Cindy,
    www.cindyartha.com

    ReplyDelete
  4. Udah pakai ini dari lama buat ngejaga bibir tetep lembab, and it's works sih kalo buat aku. Thanks for share ya!

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap me too. Ur welcome, thanks for visit my blog too :)

      Delete
  5. Wah, kalo petroleum jelly bisa menyumbat pori berarti kurang cocok ya dijadiin daily moisturizer walaupun ini produk multifungsi gitu?


    zahwaaldila.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. gapapa sis jadi daily, asal makesure saat kamu pake bibir kamu dalam keadaan bersih ya.

      Delete
  6. Wah, kalo petroleum jelly bisa menyumbat pori berarti kurang cocok ya dijadiin daily moisturizer walaupun ini produk multifungsi gitu?


    zahwaaldila.com

    ReplyDelete
  7. Biasanya kalau lagi di tempat dingin, kulit suka jadi kering. Cocok kali ya pakai produk ini

    ReplyDelete
  8. Kak mau tnya dong bisa gk untk menghilangkan flek. Hitam bekas jerawat? Klo iya cara pemakainnya diolesin yg bgian ada flek nya apa egk ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. actually aku bukan ahli dibidangnya. hehe. Tapi kali sepengetahuan aku sih ini kan melembabkan aja dan tidak ada klaim menghilangkan jerawat atau flek. Semoga membantu :)

      Delete