Femaledaily is Started From A Blog !

By Elisabeth G - 8:12:00 AM

Banyak orang yang masih belum paham makna sebuah blog. Diluaran sana mengira pekerjaan sebagai blogger itu seperti hal yang tidak ada faedahnya. Mereka menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar hanya untuk menuliskan sebuah artikel yang pada akhirnya nanti akan di unggah di internet. Apakah ada yang baca? Belum tentu. So what does it for?

Femaledaily Logo (Source: www.femaledaily.com)

Salah satu portal online terbesar di bidang kecantikan saat ini let say Femaledaily memulai semuanya dari sebuah blog yang sederhana. Hal yang terlihat simple dan sederhana itu lah yang terkadang menjadikan identity sebagai blogger tidak mudah. Semua orang atau siapapun bisa menjadi blogger hanya bermodalkan PC dan koneksi internet. Namun, selain memang menulis adalah sebuah hobi dan minat tapi tetap diperlukan konsistensi hingga akhirnya menjadikan blog sebuah karya yang dapat dinikmati banyak orang.
Oleh karnanya hal itulah yang buat aku kali ini ingin membahas lebih dalam makna sebuah blog bagi perkembangan Femaledaily

Start From Write a Fashion & Beauty Blog

Ketiga founder Femaledaily from left to right: Ka Affi, Ka Novi, Ka Hani (Source: www.dailysocial.com)
Percaya atau tidak ketiga founder Femaledaily pada awalnya tidak saling kenal satu sama lain loh. Dunia maya lah yang telah mempertemukan mereka. Berdasarkan artikel yang pernah aku baca, Ka Affi Asegaf dan Ka Hani pertama kenal karna pada saat itu mereka sama-sama menulis artikel mengenai kecantikan di blog. Sudah saling mengenal akhirnya mereka membuat hasil karya di blog mereka masing-masing menjadi lebih serius dan lahirlah Femaledaily.

Disini aku bisa menyimpulkan kalau jaman sekarang ini kerja itu tidak harus berkarir di kantor atau menggantungkan nasib kita sama orang. Dan hal yang terpenting, seperti yang udah aku bahas di awal blogger itu menurut aku one step closer kita nantinya akan menjadi seperti apa.Ka Hani dan Ka Affi pun aku yakin tidak pernah terfikirkan bahwa apa yang mereka tuangkan dalam sebuah blog secara perlahan mulai dicari dan dibaca orang.

Foto Diana Rikasari jaman dulu dia masih fokus sebagai beauty blogger (source: www.dianarikasari.com)
Jadi identitiy sebuah blogger itu merupakan proses paling awal banget. Let say ya, as you know Diana Rikasari kalo kalian tahu dulu dia terkenal banget sebagai fashion blogger yang setiap fotonya menurut aku unik banget. Style nya yg edgy, fashionable ditambah latar belakang yang cathcy sekali di kamar dia sendiri jadi nilai tambah visual yang buat rate blog nya semakin menarik minat pembaca untuk visit ke blog pribadinya. At the end akhirnya ia memutuskan untuk menjadi enterpreneur di bidang fashion sepatu dengan meluncurkan brand "UP".

Business is Not About Money Only

Semua orang memulai semuanya pasti dari nol. Baik dalam hal kerjaan, karir, usaha atau bahkan hubungan. Ya kecuali kalo kalian mau bikin usaha dan dari keturunan pengusaha yang modal semuanya di provide orang tua atau kerjanya tinggal nerusin usaha orang tua aja. Dulu aku juga memulai blog ini dari ala-ala bikin diari online berharap si "dia" baca dan tau isi hati. Efek keseringan nonton film juga dulu pernah jadi inspirasi kenapa aku nulis blog. Semakin kesini memang bukan itu lagi, time flies and people change. Kalo flash back liat postingan dulu yang awal kayak gimana suka geli sendiri, ketawain diri sendiri.Ya namanya hidup semua pasti akan berubah seiring berjalannya waktu. 

Femaledaily pun awalnya bermula tanpa modal. Para foundernya memualai itu semua dari karya dan konten yang mereka buat sendiri sampai akhirnya banyak mencuri perhatian para pecinta makeup. Berkembang terus dengan karya dan inovasinya melalui sebuah konten setiap tahunnya sampai suatu menarik perhatian perusahaan. Sebuah advertising agency mulanya menghubungi Ka Hani as a founder dan berminat memasang banner di website mereka. Ka Hani pun sempat kaget dan tidak pernah bermimpi bahwa penawaran itu datang. Nominal yang ditawarkan menurut aku sih cukup besar ya tiga juta rupiah perbulan apalagi di beberapa tahun silam. Disitulah titik balik mereka untuk menjadikan Femaledaily bisnis dan berniat untuk semakin menyeriusinya. Btw kalian tahu gak sekarang di tahun 2018 ini rate card mereka berapa? HAHA udah pasti dua digit sih, atau bahkan tiga maybe. WOW!

Terkadang work by passion bisa jadi boomerang untuk beberapa orang. Pada umunya passion yang mulai digeluti sebagai pekerjaan sudah pasti duitnya gak ada! Seperti nulis blog salah satunya. Jadi jika orientasi kita hanya untuk uang, jangan pernah berharap bisa bekerja based on your passion ya. You should enjoy the process and never expect something big happen instantly! If you cant, drop your CV to company guys :)
  
Work Smart & Konsisten

Point terakhir yang ingin aku bold adalah masalah kerja pintar dan konsisten. Sebenarnya ini adalah part of moto hidupku sekarang "Work Smart, Play Hard". Beda yah sama jaman dulu  "Work Hard, Play Hard". Why? Sekarang ini jaman udah canggih banget. Apalagi di era digital ini semua serba cepet. Jadi udah ga ada waktunya deh kerja lambat walaupun hasilnya maksimal. Jaman sekarang semua dengan satu lentikan jari aja orang bisa langsung ada di posisi atas. Namun ada satu hal yang penting yang harus di garis bawahi juga untuk mencapai itu, konsistensi

Femaledaily awalnya pun sudah sempet beberapa kali ganti nama. Merger sama co-company lain bahkan pernah juga terbagi fokusnya denga momsdaily. Menyambung poin sebelumnya, kebayang gak gimana situasi kerjanya disaat masih merangkap memulai startup? Jatuh bangun itu pasti. Bahkan yang aku tahu mereka sampe beli meja kursi bekas untuk mendukung kantor mereka yang dulu sangat minimalis. 

Gapernah berfikir untuk gaji pegawai gimana, inilah work smart yang aku bilang. Semakin besar Femaledaily, mereka pun harus semakin produktif menghasilkan karya yang kreatif mungkin dan tentunya sumber daya yang dibutuhkan pasti akan lebih banyak. Mengutip dari website www.kumparan.com hasil interview mereka dengan kak Hani, dulu mereka sering menggnakan sistem proyek gotong royong ternyata. Ya kalo diartikan sitem minta tolong kali ya, jadi gratisan. Selain itu tim yang solid pun membuat Femaledaily terus konsisten dengan konsep mereka. Mulai dari sebuah forum kecil yang di respon baik oleh 50 orang yang entah dari mana datangnya sangat dimanfaatkan. Termasuk mengambil mereka menjadi tim Femaledaily. So guys, untuk memulai sesuatu itu sangat mudah, tapi untuk mempertahankannya butuh komitmen yang dikerjakan dengan konsisten salah satunya melalui work smart.

The last but not least, aku disini hanya ingin memperluas pandangan khalayak terhadap blogger. Supaya bisa lebih menghargai sebuah pekerjaan atau profesi. Selain itupun aku juga mau menambah insight bagi yang baru ingin memulai menulis blog, agar tidak terlalu jauh melihat ke atas orang-orang yang sudah sukses dari blog. Mereka mencapai itu tidak seperti naik roket yang bisa dalam hitungan detik bisa sampai awan. 

The last, ya aku tahu apalah diriku hanya butiran jasjus menulis kata-kata bijak diatas. Sok berfikis teoritis. Jujur dikehidupan nyata aku tidak seserius ini orangnya. Bukan berarti aku pencitraan disini. Sometimes orang punya kadar dimana apa yang mereka pikirkan dan ketahui tidak bisa mereka salurkan atau utarakan di kehidupan nyata. 
Jadi buat para blog fighter kaya aku, aku cuma bisa bilang still believe on process and keep consistent on your passion!

 Di akhir aku kasih cuplikan hasil invertiew ketiga lady bosses Femaledaily bagaimana mereka memulai Femaledaily dulu! I think, this video is so insppiring. You should watch this. 
Enjoy~ 


Thanks for read my blog!
See you on my next post

  • Share:

You Might Also Like

0 comments