How To Get Healthy Hair Naturally

By Elisabeth Gultom - 1:33:00 AM


Ini sebenernya topik yang sudah paling banyak dibahas sama temen-temen aku via DM IG, Youtube, bahkan orang gakenal sampe ibu-ibu di pasar pun bilang "Rambutnya bagus banget sih mba/kak/neng/teteh" Well, siapa sih yang gak seneng dapet pujian kaya gitu? Ya asal muji nya beneran tulus dari dalam hati sanubari.

 Dibalik rambut badai itu or whatever you call it, ada catokan hebat dan skill catok ku yang terus terasah karna hampir tiap hari aku melakukan hal dan ritual yang sama yaitu ironing my hair. Jadi kebayang kan yah betapa rusaknya rambut ini kalau tidak dirawat. So kali ini aku mau sharing dan kasih tips based on my version.. 

HAIR CARE ROUTINE

1. SHAMPOO

*brush the the hair before shampoo*
Hal pertama yang aku lakukan sebelum membersihkan rambut yaitu sisir terlebih dulu rambut untuk menghilangkan kotoran/ debu yang menempel pada rambut. Sisir aja pelan dan perlahan, apalagi rambut aku biasanya ujungnya aja yang wavy jadi lebih sering kusut di bagian itu. Harus sabar-sabar nih soalnya aku hampir gaperna yang namanya nyisir ya kecuali mau keramas. Daily rambut aku rapihin dan sisir aja pake jari tangan.

*double shampoo*
Saat keramas pun aku pake air dengan normal temperatur. Tidak terlalu panas tapi tidak dingin juga. Sama halnya dengan wajah, manurut aku rambut pun perlu perawatan double cleansing. Jadi aku pun keramas biasanya dua kali. Perhatiin juga sih pake shampoo nya apa. Kalo aku karna rambutnya banyak bermasalah, such as greasy, fall out, and dust (karna aku sering naik kendaraan online), So i concern to use double shampoo appropiate my hair problem.

*Lather it in your palms*
Penggunaan sampoo disini selalu aku tuangkan terlebih dulu ke telapak tangan. Selain bisa mengatur banyaknya sampo yang mau dipakai, aku baiasanya larutkan sampo dengan kedua telapak tangan baru diaplikasikan ke rambut. 

*Do not over stimulate the scalp*
Sangking bersemangatnya keramas biasanya suka sampe melukai kulit kepala. Aku pernah baca artikel ini sangat dilarang. Jadi sekotor apapun rambut, aku usahakan tetap mengusap kulit kepala dengan lembut.

*Wash well the end of the hair*

Sudah pasti bilas rambut sampai bersih. Jangan sampe ada yg tersisa, karna akan menyebabkan ketombe.

2. CONDITIONER

*remove as much water as you can from your hair before applying*
Ini sih based on condition. Kadang kalo lagi punya banyak waktu untuk mandi aku keringin rambut pake handuk juga supaya air yang dirambut bener-bener terserap. Tapi kalo lagi dalam situasin in a hurry, yauda pake tangan aja perlahan seperti gerakan ikat rambut lalu berjalan sampai ke ujung rambut bawah. 

*apply from the bottom to the top of the hair*
 Sama seperti nyisir rambut, yang aku lakukan dalam pengaplikasian conditioner dari bawah dulu baru setelah itu semakin lama naik ke atas.But remember, hindari penggunaan kondisioner di kulit kepala! Sebaiknya gunakan kondisioner dimulai dari bagian tengah rambut hingga ke ujung saja, hindari pada bagian akar yang dapat membuat kulit kepala menjadi berminyak sampe akhirnya bikin bad hair day.

 *double conditioner*
Sama dengan sampo, di tahap kondisioner ini aku pun melakukan tahap double apply. Bedanya untuk conditioner aku menggunakan 2 produk yang berbeda. Aku sangat concern dengan rambut kering dan rontok aku yang hampir setiap hari kena catokan. So i need extra treatment! Lagi dan lagi cari kondisioner yang dibutuhkan rambut. Please be a smart people :)

 *rinse thoroughly*
Setelah didiamkan sekitar kurang lebih 3-5 menit, rambut bisa langsung dibilas sampai bersih.
(AFTER THE SHOWER) 

 Aku selalu mengeringkan rambut secara alami dengan handuk. Peras rambut dengan handuk sambil bergerak diarahkan kebawah untuk mengeluarkan air yang masih ada di rambut. Jangan diusap-usap. Ya memang akan waktu lebih lama, but believe me it's more better for hair health. Memang makan waktu yang lebih lama. Hal Inilah yang ngebuat aku lebih prefer keramas malam hari agar bisa ditinggal saat tidur sambil nunggu rambut kering. Tapi kalo memang urgent banget, aku biasanya pake kipas angin. Jadi lebih natural dan tidak merusak rambut dibandingkan hair dryer.

3. TONIC & VITAMIN

*TONER*
Untuk hair tonic disini aku pake dari Nature-E. Apapun merk nya sebenernya, aku ngerasa butuh banget tonic karna dapat merawat rambut yang rontok. Tonic ini bisa dibilang sama seperti vitamin juga sih. Tapi cara pemakaiannya aja yang beda dengan vitamin yang gel.
Cara pengaplikasian tonic setelah selesai keramas tidak perlu menunggu rambut setengah kering. Bisa langsung di tuang dibeberapa titik di kulit kepala kita lalu dipijat halus sampai merata. Ada cooling sensationnya sih kalo Nature ini. Gatau kalo tonic yang lain.
Fyi, kadang suka sedih kalo setiap sisiran banyak ribuan rambut yang berjatuhan. Makin sedihnya lagi, di kamar sangking aku kurang rajin (males) bersihin kamar, at weekend tuh lantai udah kaya lautan rambut :'( #curhat

*VITAMIN*
Kalo vitamin jujur aku suka ganti-ganti sih. Mulai dari ellipse, makarizo, matrix, loreal. Untuk vitamin ini biasanya harus nunggu rambut setengan kering dulu karna akan diaplikasinya dirambut bagian tengah sampai unjung pangkal rambut. Aku pake ini pun gak rajin setiap keramas. Kadang suka lupa, atau stock di rumah habis atau males. HAHA

4. STYLE
 
*CATOK*

 
Nampaknya aku gaperlu memperjelas step ini ya. Kalo pada kepo dengan cara mencatok aku dan gimana bisa sampe "badai" gitu, kalian bisa nonton video youtube aku yg ini ! (Anw, ini hair care routine nya tidak se-detail dan se-update yg di blog ini yes) I made this video one year ago. Enjoy the video :)
 
TREATMENT

Jujur ya sekarang-sekarang ini aku tipe orang yang jarang ke salon. Kalo bukan karna kepepet, atau memang gabisa ngelakuin itu sendiri baru deh ke salon. Dibandingkan dulu yang masih jadi pegawai or orang kantoran waktu santay aku kan gak banyak memang jadi perlu bgt deh ke salon even itu cuma buat keramas doang loh! HAHA. But now, i can do anything at my home a long day so aku lebih suka bereksperimen atau melakukan treatment di rumah by my self.

What treatment i do?

 Natural Mask 
Namanya juga merawat rambut sehat secara natural ya pake cara dan bahan-bahan nya juga yang natural dong pastinya! Sekarang ini aku sering banget langganan di tukang sayur. Entah itu beli tomat, timun atau buah-buahan lainnya. Bukan untuk dimakan tapi buat dijadiin masker. Sometimes masker wajah juga bisa, rambut apalagi! Multifungsi, so i choose both of them more often. HOW? Duh please googling yes jangan males. Banyak kok step by step nya di internet :)

 Cut the point of hair regularly
Ini terlihat sepele tapi menurut aku penting banget. Apalagi buat rambut yang setiap hari dicatok. Mostly bagian ujungnya kering banget dan at the end akan bercabang. Sampe bisa dibelah jadi dua bagian gitu, OH MY IT'S NIGHTMARE! Rambut aku yang memang jarang dipotong pendek selalu terlihat panjang, tapi believe it or not tiap sebulan sekali aku rutin memotong rambut aku bagian ujungnya sekitar 3cm untuk membuang rambut-rambut yang bercabang. I can do it by my self :) 

Comb the hair
Fyi, sisir itu salah aset yang aku punya untuk hair care rutin. Aku tidak menyarankan beli yang mahal banget sih, tp seenggaknya yang agak bagusan dikit. Ya tapi balik lagi kadang harga juga gabisa bohong. Tanpa fokus ke harga, untuk rambut rontok seperti aku, aku sangat menghindari menggunakan sisir yang ada bulatan kecil pada ujungnya, karna akan riskan bikin rambut kusut dan nyangkut. Nah aku pake sisir yang bergigi lembut seperti Wet n Wild Brush, No this is not endorse or promote post! Aku pake ini karna sisirnya terbuat dari bahan sintetik.

 Satu hal lagi, untuk mempersingkat waktu mungkin kita sering memulai nyisir rambut dari kulit kepadal sampai ujung rambut. Namun kebiasaan itu harus dihindari, karna beresiko tinggi menyebabkan rambut rontok. (maybe i've told this at the beginning, sorry)
Kok ini masuk treatment? HAHA iya dong! Nyisir rambut lagi dan lagi hal yang sepele tapi big impact untuk kedepannya jangka panjang. Jika dilakukan dengan cara yang salah, dapat merusak rambut.

 Konsumsi Makanan Yang Sehat
Aduh ini klise dari yag paling klise! Ini gak cuma untuk rambut aja, tapi kulit included. Mulai dari kulit dan rambut. Oleh karna itu aku sih gak rugi untuk ngejaga makanan aku untuk menjaga keseluruhan bagian yang ada di tubuh aku termasuk rambut. Contohnya aja perbanyak makan buah, sayuran hijau dan yang terakhir perbanyak air putih. 

  Nah itu dia cara bagaimana aku menjaga dan merawat rambutku. Disamping aku rutin merusak rambut, disamping itu juga aku tetap merawatnya rutin dengan habit dan rutinitas yang benar (versi aku). 
So far beberapa langkah di atas membantuku memperbaiki dan menjaga kebersihan serta kesehatan rambutku. Jadi tidak perlu perawatan yang sulit dan mahal untuk menjaga kesehatan mahkota baday ku ini.


Thanks for read my blog! 
See you on my next post

  • Share:

You Might Also Like

0 comments