[REVIEW] The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% Work for Acne & Blemish ?

By Elisabeth G - 2:55:00 AM


Skin care time! 
Kali ini aku ingin membahas salah satu hasil pencarian skincare routine ku yaitu serum. Fyi, ini bukan kali pertamanya aku nyobain serum. Belum menemukan serum yang benar-benar bekerja untuk kulitku membuat aku harus terus mencari. Setelah melalui proses pencarian dan pertapaan yang tidak singkat, akhirnya aku memilih untuk mencoba The Ordinary Niacinamide.


Ok sebelum penjelasan yang panjang. Fyi, tipe kulitku saat awal memakai serum Niacinamide ini lebih ke jerawat membendel yang sudah mulai bersahabat dan memudar. Namun blemish-blemish ini entah kapan menghilangnya dari wajahku. Lelah dengan concealar yang terus membantuku menipu orang-orang diluaran sana akhirnya kuputuskan lah untuk mencoba ini. Harapanku serum ini bisa membantuku membasmi merah-merah dan bekas jerawat diwajahku.

Why Niacinamide from The Ordinary?
 Awalnya sempet rancu sih beli ini. Pasti aku melakukan research dulu di google, baca review orang yang sudah pernah pakai. Hasilnya benar-benar tidak cukup membantu. 
Ada beberapa sumber yang aku baca bahwa serum ini diperuntukan kulit yang berjerawat. Sumber lain ada yang mengatakan bahwa serum ini membantu menghilangkan bekas jerawat yang kemerahan dan warna kulit yang tidak merata. 
Setelah membandingkan dengan brand lain dengan review yang tidak jauh lebih baik dan harga yang jauh lebih. Ya kalian tahu kalau serum saat ini banyak sekali dijual dipasaran, namun dengan harga yang cukup tinggi. Menggunakan prinsip ekonomi, kalau kita bisa cocok dengan produk yang ekonomis kenapa harus pakai yang bikin kantong kita tiris?
Akhirnya aku memutuskan untuk mencoba serum dengan harga terjangkau tapi tetap sesuai dengan manfaat yang aku butuhkan, yaitu The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%. 

PACKAGING

Kemasan ini dilapisi kotak bewarna putih berbahan doff. Elegan sih terlihatnya, tidak mempresentatifkan produk dengan low price. Konsep black and white, tulisan di packaging luarnya kombinasi bahasa inggris dan kanada (negara asal pembuatnya). Di kemasan luarnya pun dengan tulisan yang minimalis informasi yang diberikan cukup membantu. Ingredient yang terkandung cukup jelas (walaupun aku sepenuhnya tidak paham keseluruhannya, krn hanya fokus di Niacinamide & Zinc yang di fokuskan di produk ini). Produk ini juga mengklaim bahwa dapat meregulasi sebum (belum concern kesini). Poin keduanya meminimalisir pores, yang jadi highlight aku.


Dalam kemasannya serum ini bebentuk botol semi bening karna tidak terlalu transparan dan berbahan kaca. Sebenernya aku kurang suka produk yang berbahan kaca karna kekurangan yang ada di aku sendiri, ceroboh. Hampir sama informasi yang diberikan di packaging luar dan botolnya.

Botolnya dilengkapi dengan pipet sebagai aplikatornya. Mostly memang serum yang menyajikan produknya berbentuk botol pasti dilengkapi dengan pipet. I think this is good, serumnya tetap terjaga kehigienisannya karna tidak akan terkena sentuhan tangan langsung untuk mengambil cairan serumnya. Mungkin saat si serum ini sudah di titik penghabisan akan beda cerita ya. Langsung tuang ke tangan bisa jadi solusinya.
                                                             
TEKSTUR 

 Ini kali keduaku mencoba produk serum. Berbeda dengan produk sebelumnya. Kali ini serum dari The ordinary ini lebih ke kental tidak seperti air dan warna serum sama seperti umumnya putih bening. Sesuai dengan namanya, The Ordinary Niacinamide+Zinc ini mengandung 10% Niacinamide dan 1% Zinc sebagai ingredient utamanya. Disini aku akan kasih disclaimer apa itu Niacinamide & Zinc.

Hasil pencarian google (because im not expert dibidang ini actually, so sorry if you got some mistaken), Niacinamide atau Nicotinic Acid adalah vitamin B3 yang biasanya ada di kandungan beberapa jenis makanan, seperti ayam, salmon, tuna dan sayuran hijau. Begitu hal nya dengan tubuh manusia, untuk kulit Niacinamide memiliki reputasi bagus dalam berbagai jurnal penelitian sebagai bahan yang meredakan peradangan yang terjadi pada kulit, mengurangi produksi sebum, sekaligus memudarkan hiperpigmentasi pada kulit. Jadi, tak hanya mengurangi kemerahan pada jerawat, Niacinamide juga membantu memulihkan kondisi kulit pasca jerawat seperti memudahkan acne scar, mencerahkan, serta meratakan warna kulit! Jadi tidak heran ya, kandungan Niacinamide ini mulai sering digunakan sebagai bahan produk skincare karena beraga kegunaanya untuk kulit terutama kulit berjerawat

Kandungan zat aktif kedua yaitu Zinc. Percaya atau tidak, Zinc ini sebenarnya banyak digunakan untuk pengobatan diare. Kok bisa dijadikan bahan skin care? Keep calm, jadi zinc itu adalah mineral. Manfaatnya banyak banget, berguna sebagai antioksidan, penyembuhan luka, anti peradangan, membantu booster immune system, dan masih banyak lagi. See? Is it so useful for your skin right?

Produk The Ordinary ini to the point banget dalam menciptakan produk. Jadi menamai produknya dengan nama kandungan yang digunakan di produknya. Jadi memang sangat terpusat sekali produk nya untuk apa. Serum ini juga bebas dari paraben dan menggunakan Phenoxyethanol sebagai pengawetnya. 
Oia dan setau aku produk ini tidak boleh digunakan berbarengan dengan Vitamin C, karna dapat membuat kulit iritasi jadi bisa diseling sehari Niacinamide, besoknya Vitamin C. 

Cairan serum Niacinamide ini baunya tidak menyengat tapi khas. Aku sendiri pakainya langsung diteteskan ke wajahku ke dua titik saja yaitu kedua pipi. Sisanya menggunakan sisa cairan yang ada di batang pipetnya untuk di apply ke dahi, hidung, dan dagu. Jadi lebih irit. (kebukti sih, uda 2 bulan baru berkurang setengah). 

Sensasi yang ditimbulkan setelah pakai Niacinamide ini kadang berbeda. Tergantung kondisi wajahku saat itu. Jika lagi ada beberapa jerawat meradag atau bahkan yang baru pecah, akan terasa sangat perih. Jika sedang baik-baik saja, akan terasa sensasi ting ling nya.Oia aku pakai ini hanya di malam hari saja, karna di kulit aku yang berminyak serum ini bisa produce minyak yang lebih dari biasanya.

RESULT

Zuzur aku masih bingung sebenarnya menuliskan part ini. Sudah hampir 2 bulan lebih tapi belum ada hasil yang signifikan. Untuk produknya sendiri aku tidak bilang jika The Ordinary Niacinamide ini tidak bagus atau tidak cocok di aku. Ya itu dikarenakan aku masih berjuang sih dengan acne prone ku ini, jadi masih mencari skin care yang lainnya juga seperti toner, dan kawan-kawannya. 

Jika dilihat dari klaimnya untuk meredakan jerawat, totallny sorry i said BIG NO. Selama dua bulan ini selain karna PMS aku pernah beberapa kali muncul kembali radang merah yang cukup mengganggu di bagian rahang. Walaupun masih bisa aku akali dan tutupi dengan rambut panjang, tapi sangat tidak nyaman.Untuk bekas jerawat dan kemerahan aku merasa sedikit terbantu oleh Niacinamide ini. Sekarang bekas-bekas sudah mulai memudar walaupun belum bersih seperti yang diinginkan. 

Last part yang aku suka The Ordinary Niacinamide ini sangat membantu meratakan warna kulit diwajahku. Meratakan ya guys! Bukan memutihkan. Jadi dulu bagian kulit dekat telinga aku tuh sempet gak rata sama bagian wajah karena sering tertutupi rambut. Jadinya belang dan kalo diiket rambutnya gak pede banget. Sekarang warnanya sudah mulai rata dan juga pastinya mencerahkan jadi tidak kusam jika tanpa makeup.

PRICE

Menurut aku untuk ukuran serum masih terbilang terjangkau. Dibanding dengan produk sejenis atau bahkan beberapa produk lokal dengan manfaat sejenis jauh lebih mahal. Waktu itu aku beli di salah satu ecommerce favorit aku benscrub, sekitar 200ribuan. Dibawah 250ribu sih pasti. Lupa banget pastinya berapa, i was 2 months ago. 

Pro's The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% : 
- Cukup terjangkau di per-seruman
- Easy to use
- Blend-able
- Cepat meresap di wajah

Cons's The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% : 
- Masih sulit dicari karna harus online
- Packaging kacanya terlalu risky dibawa travelling
- Tidak terlalu bekerja di aku (personally)


For the last aku kurang puas dengan The Ordinary Niacinamide 10% + ZInc 1% ini. Aku akan tetap melihat last result dari produk ini sampai habis. Jika tidak hasil signifikan di wajah aku, maka aku tidak akan beli produk ini lag tapi aku mau tetap coba produk dari The Ordinary yang lebih fokus ke acne dulu, maybe Salicyc acid.

So untuk pemula yang ingin mencoba produk The Ordinary serum silahkan dibaca lagi ingredient dan manfaatnya supaya gak salah beli karena mereka provide banyak sekali produk sejenis yang memiliki concentrate berbeda.

Thanks for read my blog
See you at my next post!  



  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. Kalau udh 2 bulan dan belum ada hasilnya kemungkinan it didn't work on your skin type. Aku kalau pakai serum baru biasanya 1 bulan udh ngrasain perbedaannya, ga sabar nunggu lama2 hahaha.

    Meta,
    www.ursula-meta.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ursula! Iya aku soalnya langsung beli full size nya juga. Jadi daripada sayang gakepake lagi, jd diterusin aja pake walaupun gada hasil yg signifikasn.

      Delete