Ombre Hair Sendiri di Rumah ! [Tutorial Step by Step]

By Elisabeth G - 6:03:00 PM

Waa finally i write this article! Sempet ngalamin maju mundur gak cantik buat decide mewarnai rambut aku sendiri even itu ke salon sekalipun, akhirnya setelah mendapat ilham I MADE IT! Step ini bakalan easy to do banget sendiri di rumah dan bahan-bahan nya pun mudah didapatkan dan yang terakhir adalah MURAH! Jadi buat yang mupeng banget liat artis rambutnya kaya pelangi atau IG hair coloring kekinian yang warna rambutnya warna warni mentereng ky gulali tp gapunya or garela ngeluarin budget berjuta-juta untuk itu, kamu harus baca postingan ini sampai habis!

Sebelum mulai tutorialnya, please bersabar dulu ya. So this is not the first time for me to do this. Aku pernah mewarnai rambutku dulu jaman SMP ala-ala gitu biar gaul seantero depok. HAHA. Itu so last year banget yah, almost 10 years ago. Wow how old young i am :) Bahkan sampe dinyinyirin dan dilabrak senior dulu pas liat aku diwarnain rambutnya. Gawl abyzzz khaaann????
Rambut panjangku yang menjuntai ini lah salah satu alasan kenapa aku mau mewarnai rambutku lg. Fyi ajanih ya, sebelum kita memutuskan untuk mewarnai rambut, kita harus sadar dan tau bahwa nanti setelahnya rambut akan rusak! Jadi, dari pada sayang rambutku dipotong begitu aja akhirnya aku mau bereksperimen dulu untuk membayar rasa penasaran ini dengan mewarnainya ombre style. At least ya kalopun nantinya gagal, tinggal potong. Ya memang at the end akan dipotong juga sih bagus atau engga hasilnya. 
So, let you think it over ya and accept the concequencess after coloring your hair!

Oke sebelum proses mewarnai rambut, ini dia bahan dan alat yang perlu disiapkan:


  1. Pertama sudah pasti pewarnanya. Disini aku pilih pewarna Miranda. Dulu aku sempet galau mau warnain rambut aku ombre hijau atau biru, tapi setelah melakukan vote ala-ala di IG Story jawaban terbanyak adalah warna biru. Jadi pewarna biru menyala yg aku tahu so far hanya Miranda, akhirnya aku pun beli Miranda biru. (Rp12,000)
  2. Bleaching. Nah ini juga penting dalam proses pewarnaan rambut. Penting juga diketahui, ini part penting yang tidak boleh terlewat tapi ini juga part yang paling merusak rambut. Jadi harus hati-hati yang dalam penggunaanya. So, karna aku beli pewarnanya Miranda, maka akupun decide untuk membeli bleaching dari Miranda. (Rp12,000)
  3. Developer Matrix 9%. Jujur sebenernya aku juga sempet ragu mau beli developer ini. Saat di tokonya ditawarin yg 12% tapi karna packagingnya bukan yg asli dengan alasan Matrix gak ngeluarin ukuran kecil yg 12% akhirnya aku beli yg 9% aja. Sempet googling juga, orang-orang pun pada pakenya yg 9% kok walaupun mba-mbaSPG nya sempet nyaranin untuk pake developer yg 12% supaya lebih nyala warnanya, kalo yg 9% sama aja kaya developer bawaan. If you know me, aku sudah sering sakit hati sama mba-mba SPG kaya gitu jadi aku kurang percaya dan lebih berkiblat kepada rekan sejawat yang sudah melakukan hal ini terlebih dulu. (10,000)
  4. Conditioner (apa aja bebas yang kamu punya dirumah). Untuk ini aku gak beli lagi karna sehari-hari memang conditioner udah sepaket saat aku keramas. Kali ini aku lagi pake conditioner dari Loreal.
  5. Sisir. Ini additional aja sih sifatnya. Bisa pake sisir yang lain yang dipunya jadi gaperlu beli tapi karna aku gatel aja pengen beli dan harganya murah yauda sekalian aja deh. (Rp5,000)
  6. Sarung tangan. Ini bisa didapetin di apotik atau toko kosmetik juga ada. Ini menurut aku lebih penting dibanding beli sisir. Soalnya pewarna rambut itu kan akan dioleskan kerambut sudah pasti kena tangan, jadi perlu banget supaya tidak kena iritasi. Well ini pun gaperlu beli yang ada tangannya gitu juga, subtitusinya bisa pake plastik apa aja yang ada di rumah kok lalu dikaretin di pergelangan tangan. Voila jadi deh! (Usahakan yang warna putih atau bening) (rp2,500)
  7. Wadah hitam. Ini lebih additonal dari segalanya yang sudah aku sebutkan diatas. Bisa pake wadah apa aja yang ada dirumah seperti tempat makan yang uda gak kepake atau apa aja yang kalo bisa berbahan plastik dan jangan tembaga. Namun lagi dan lagi supaya keren aku pun beli ini.(Rp5,000)
  8. Kaos bekas gakepake. Yes harus banget nih yang emang udah diiklasin bakal gak dipake lagi atau langsung dijadiin lap. At the end pasti baju ini akan kotor dan sudah tidak layak pakai. Kali ini aku tidak beli yaaa :)
Nah itu dia bahan-bahan dan peralatan yang diperlukan untuk melakukan pewarnaan rambut sendiri di rumah. Semua produk yang aku sebutin diatas aku beli di toko kosmetik di salah satu pusat perbelanjaan let say I.T.C. Disitu komplit banget semua dan gaperlu pindah-pindah all in bisa langsung cus dengan budget DIBAWAH LIMA PULUH RIBU! Ekonomis banget kan?!

Jadi tanpa panjang lebar lagi, langsung saja dimulai pewarnaan rambutnya.

BLEACHING

Pertama-tama aku start tahap bleaching dulu. Apa yang ada diisi kotak bleaching Miranda aku masukin ke wadah lalu aku tambahkan pula developer 9% nya supaya warnanya lebih nyala. Takaran developernya aku juga gabisa make sure berapa, tapi dikira-kira aja sampe adonannya gak terlalu kental tapi gak terlalu cair juga.

Dari awal aku niatnya memang ombre, karna aku tahu rambut bakal rusak dan cuma mau ngebayar rasa penasaran aku aja gimana sih rasanya di ombre ala-ala gitu. Nah lanjut di proses belaching, aku bagi rambut aku jadi dua bagian aja jadi sisi kanan dan kiri.

 Setelah itu aku abaikan sisi kirinya dan mulai membleaching sedikit demi sedikit part rambut dibagian kanan. Oia jeday juga perlu nih di part ini untuk ngejepit bagian rambut yang belum di bleaching. Bagian yang sudah dibleaching tinggal diarahkan ke belakang saja. Setiap proses bleaching aku diamkan selama kurang lebih 45 menit kemudia dibilas dengan air biasa.
Proses bleaching pertama ke bleaching yang kedua pun cukup memakan waktu. Rambut yang sudah selesai dicuci hasil dari bleaching pertama aku keringkan sampai benar-benar kering baru bisa lanjut bleaching yang selanjutnya. Hal ini dimaksudkan karna bleaching akan benar-benar bekerja diruambut yang kering, bukan basah ataupun setengan basah. Jadi ini perlu di notes juga supaya gak salah.


Ini hasil dari 2x proses bleaching yang sudah aku lakuin. Gamau terlalu banyak bleaching karna gak tega ngerusak rambut. Setelah itu aku nekat langsung warnain menggunakan Miranda Biru but the result is FAILED :( Birunya bukan berarti gak keliatan. Keliatan kok tapi kalo indoor SAMA SEKALI gak keliatan. Dimatahari pun keliatan tapi jatohnya bukan biru yang clear biru tapi lebih ke tosca tapi pucet. Yha intinya failed deh! 

Bingung mesti diapain rambut ini. Mau dipotong sayang karna belom dapetin hasil yang aku pengen. Mau diwarnain lagi rasanya udah gak bergairah lagi. Iseng-iseng berhadiah aku bikin polling di IG Story ku, hasilnya banyak yang suggest untuk bleaching lagi and nyaranin buat warnain rambut aku yang udah nanggung ini (bahkan sampe ada yan suggest pake pewarna apa. Tengku so mucos!). Uwwww pokoknya tengkiu sahabat, teman, sohib, stalker dan siapapun orang baik yang sudah mengikuti instagram ku di @elisabethgultom

77% TRY IT AGAIN // 23% POTONG AJA UDAH
 Akhirnya karna aku gasuka yg nanggung-nanggung dan belom bisa tidur nyenyak kalo belom dapetin apa yang dipengen jadi aku bleaching lagi rambutku 2x !

COLORING
Tahap ini tahap yang paling mendebarkan buat aku setelah mengalami kegagalan di tahap yang pertama. Entah kenapa tapi kali ini feeling aku bakal dapetin hasil yang aku pengen.
But just fyi dulu yah sebelum aku kasih liat hasilnya. Rambut aku yang sudah aku bleaching almost 4 times totally rusak dan rapuh!

Aku lakuin proses coloring ini almost with the same way dengan cara bleaching.  Apa yang ada didalam kemasan pewarna Miranda dikeluarin dan dicampur aduk dengan ditambah conditioner. Kenapa sih harus pake conditioner? Ya karna hasilnya akan kasar dan rusak sedangkan conditioner bisa ngebantu "sedikit" untuk meminimalisir kerusakan rambut itu. Sedikit ya, sedikit banget. So dont expect apapun. Tapi bukan berarti gak pake conditioner juga. Bye ajalah sama rambut kalo gitu.

Pertama aku bagi rambut aku jadi dua bagian. Lalu aku abaikan dulu bagian yang satu, lalu aku warnain ujung-ujung rambut yang udah kena bleaching. Ini part terseru sih ngewarnain rambut sendiri.  I play with the color. Rambut seolah olah jadi kanvas hidup. Setelah semua ujung rambutnya aku apply warnaa biru, aku diemin selama 1 jam dan aku bilas dengan air. Then finalyyyyyyyy here's the result~

 BEFORE - AFTER





 Digambar before after ini mohon dimaklumkan pencahayaan yang tidak sama yah! (maklum pake pencahayaan matahari jadi gabisa disetting :p) Hemm aku juga mau sekalian jelasin sedikit dari hasil percobaan trial and eror proses pewarnaan rambut yang aku LAKUKAN SENDIRI DIRUMAH! Dibilang susah gak juga, tapi gak dibilang gampang. Ditambah effort aku juga sekaligus bikin tutorial video nya. Aku harus filming ngejelasin step by step nya ngomong sembari ditengan-tengah harus capture single moment juga untuk materi blog. Jadi kebayang yah i did it all at the same time by my self :)
Kalo dipikirin pasti ribet dan susah, tapi karna gak cuma aku pikirin dan langsung aku praktekin dan kerjain, finally
 I MADE IT

 Nah untuk result dari hasil pewarnaanya, aku tahu sih ada harga ada barang memang. Ada harga ada kualitas. Jujur aku suka banget dengan result seperti yang kalian sudah lihat digambar. Unfortunately aku sangat amat tidak nyaman dengan keadaan rambut aku yang sekarang! Kalo difoto emang kliatan bagus (plus tambahan editing & effect) namun kenyataanya andaikan rambut ini bisa ngomong pasti dia udah ngambekin aku seumur hidup (kayak yg punya rambut tukang ngambek :p) Kalo dipegang dan mau dibandingin sama sapu ijuk, kayaknya masih mending sapu ijuk kemana-mana deh daripada rambut aku ini. Udah kebayang? 

Personally aku tidak tahu kualitas pewarna lain dengan menggunakan brand yang lain. Aku bener-bener awam banget disini iseng coba aja. Aku gamau bilang brand X kurang bagus, cuman yang aku tahu mau semahal apapun sampe sekelas salon mahal ternama di Jakarta pun yang namanya bleaching dan pewarnaan rambut sudah pasti merusak rambut. 
So, mungkin aku tidak akan mempertahankan blonde biru hair ini bertengger lama. I'll cut it off soon! Dan aku pribadi akan mikir berkali-kali lagi next nya untuk warnain rambut karna aku udah tau resikonya dan aku sayang banget sama rambut aku ini <3 font="" nbsp="" xixixi="">



Nah itu dia step by step singkat jelas padat dari aku untuk mewarnai rambut sendiri dirumah. Aku bukan orang yang ahli/ exppert di bidang ini memang, tapi sebelum aku sharing dan lakuin ini aku cari tahu dulu informasinya.
Ini bukan cara yang wah dan spektakuler, tapi semoga bisa membantu dan memberikan insight buat kalian yang berniat mau kekinian warnain rambut dengan merusak mahkotanya.


Ini ada bonus videonya yang bisa kalian tonton di channel Youtube aku! Supaya lebih ngefeel lagi ya yg lagi ngebet banget warnain rambut atau lagi cari inspirasi. Enjoy the video :)


Thanks for read my blog! 
See you on my next post

  • Share:

You Might Also Like

0 comments