Sabun Full Bahan Organic dan Alami dari Dr. Bronners

By Elisabeth Gultom - 8:53:00 PM

 Sekarang ini sedang ramai sekali ya tren skincare yang mengusung tema natural dan alami. Kita jadi sedikit dipaksa untuk lebih mengetahui pentingnya ingredient yang terkandung di skincare yg kita pakai. Sayangnya, kebanyakan dari kita hanya focus ke area wajah saja. Padahal kulit badan kita juga mesti diperhatiin dan dirawat. Mereka pun sensitive  (kaya cewek jaman sekarang) dan bisa rusak/bermasalah.


Sebenernya ini bukan penemuan baru aku. Sabun ini udah produk lamaaaaa banget tapi memang produksi dari negri adi daya Amerika (US). Untuk para pecinta produk US pasti familiar dan sudah tau produk ini. Dr.Bronners yang sudah mendunia ini punya banyak keunggulan dan sangat worth menurtu aku. Kenapa aku bilang bisa se-worth itu sih? I’ll explain it detail in this post for sure ya. So, please keep read this till the end 


SEKILAS

Jadi sekilas agak mendalam mengenai Dr.Bronners ini yang aku tahu awalnya terbentuk dari sebuah keluarga yang akhirnya berkembang dan bertahan menjadi sebuah brand besar selama 150 tahun dengan 5 generasi! That so cool!?!

Pendiri brand ini, Emmanuel Bronners ditahun 1948, memang ingin menghasilkan produk yang mengedepankan unsur social & lingkungan dengan kualitas terbaik untuk bisa impactfull ke seluruh dunia. Mereka berusaha tetap terus mempertahankan Value perusahaan mereka  yang menggunakan bahan natural, organik, baik untuk alam, ethical business, dan all-one.

Dr. Bronners ini  disertifikasi dengan standar industri yang paling ketat. Didukung dengan berbagai macam label sertfikasi yang terdapat pada produknya. Mulai dari no tested animals sampai USDA Organic.


TEKSTUR DAN AROMA DR. BRONNERS

Bentukan sabun ini cair banget, beda deh sama sabun kebanyakan. Hampir menyerupai air, tapi tidak terlalu watery. Walaupun sabun ini tidak menghasilkan banyak busa, setelah dipakai kulit tidak berasa licin atau malah kebalikannya kering banget. Ditambah wangi bahan-bahan organiknya yang bikin adem seperti lagi di pedesaan jadi bawaanya kalem dan tenang.


Sabun ini tidak berwarna loh, alias bening saat dituang ke tangan. Padahal kalo diliat dari luar, ada warnanya kekuningan gitu. Dipake untuk seluruh badan juga awet karna teksturnya cair banget, satu kali tuang aja udah cukup untuk seluruh badan kalau pake body puff ya. Tapi kl males (kaya aku) yang maunya simple and no ribet langsung pake tangan juga bisa kok, cuma lebih boros aja karna mesti tuang berkali-kali sih. 

Aku pribadi tidak masalah ya untuk perbusaan. Bersih atau tidaknya kita mandi itu bukan dari jumlah busa yang dihasilkan dari sabun yang kita pakai kok. Tapi yang aku lebih cari aromanya. Itu mempengaruhi mood aku setelahnya. Jujur mandi itu adalah part of my relaxing time. Jadi biasanya kalau aku mau makeup, biasanya aku mandi dulu ya walaupun aku tahu akan kotor lagi sih, khususnya bagian wajah dan leher. 



Dr. Bronners ini datang dengan 8 varian aroma. Ada Baby Unscented, Rose, Peppermint, Tea Tree, Lavender, Eucalyptus, Citrus, dan Almond. Yang membedakan tiap varian adalah warna ditiap packagingnya. Pemilihan warna nya menurut aku cukup smart ya. Bukan warna yang too mainstream. Kalian lihat deh, ada warna coklat, orange, biru langit muda. Suka aja sama varian warnanya.

Belum semua sih yang pernah aku coba. So far yang udah aku cobain baru 3 varian, yaitu yang rose (warna pink), lavender (ungu) dan Baby unscented (biru langit).  So far favorit aku si Lavender. Jujur awalnya dulu aku gapernah expect apa-apa dari seonggok sabun ini. Apasih lebihnya. Ternyata aku salah sodara-sodara. Ibaratnya aku jatuh cinta pada penggunaan pertama loh! Wanginya memang bukan fresh yang aroma buah seger yang menohok.  This is totally different! Khas banget dan awet saat aku coba gak pake handbody setelah mandi. Bener-bener bikin aku relax banget!

PACKAGING DR. BRONNERS

Ternyata Dr.Bronners ini selain punya varian aroma, juga punya beberapa varian ukuran. Mulai dari yang paling kecil 59ml. Bentuknya imut-imut banget, dan cocok buat dibawa travelling. Aku punya 2 varian yang ukuran si mini ini, yaitu varian rose dan baby unscented. Selain itu ada ukuran 237ml, 473ml, dan yang super gede 946ml.

Tampilannya botolnya kalau dilihat sekilas bisa dibilang rame banget. Sepanjang lingkaran botolnya penuh dengan tulisan. Ada yang vertical dan horizontal. Awalnya aku pake ini jujur aku bingung duluan mau baca pacakgingnya. Jangankan liat manfaatnya, nyari varian aromanya aja cukup pusing. Cuma ternyata inilah yang jadi ciri khas sabun Dr. Bronners.

Bentuk botolnya juga cukup berbeda dengan tempat sabun pada umunya. Dia tidak dipencet. Lebih mirip ke shampoo, ya walaupun memang Dr. Bronners ini bisa digunakan untuk shampoo juga sih. Tutup botolnya itu flip-flop. Terlihat praktis tapi harus hati-hati, karna kalau lupa ditutup dengan baik bisa gampang tumpah. Apalagi sabun ini bentuknya cair. 

INGREDIENTS DR. BRONNERS

Salah satu high value dari sabun ini adalah ingredientsnya. Rangkaian sabun Dr.Bronners menggunakan Base Organic Oils. Kandungan minyak essential alami yang ada di dalamnya seperti coconut oil, olive oil, jojoba oil , dan plam kemel oil. Kandungan minyak kelapa organiknya yang kaya dapat menutrisi kulit dan membersihkan kulit. Minyak zaitun organik nya mampu memberikan hasil yang lembut serta minyak jojobanya juga dapat memberikan rasa kelembutan dan aroma yang tahan lama.

Kandungan essential oil pada sabun Dr.Bronners lebih tinggi ketimbang sabun-sabun pada umumnya, that’s why sabun ini wanginya terbilang awet. Eh tapi bukan tipe yang nyengat gitu yah. This is seriously calming! 

Hal lainnya juga yg mesti kalian tahu kalau sabun ini Alcohol Free. Makanya banyak dokter-dokter kulit yang merekomendasikan sabun ini. Soalnya jarang produk kita yang jual sabun tanpa ada embel-embel kandungan alkoholnya. Jadi aman untuk si kulit sensitive atau bayi sekalipun.

Jika dilihat dari ingredientsnya sangat cocok juga jika digunakan untuk para acne fighter. Yes, jadi buat yang punya masalah jerawat punggung pas banget nih! Aku pun juga punya masalah ini. Perubahannya cukup signifikan ya. Biasanya banyak bitnik di daerah dada dan lengan bagian atas. Sekarang udah lumayan berkurang. Belum sepenuhnya healing sih. Atau jika mau dipake di wajah bisa juga krn manfaat sabun ini salah satunya untuk sabun wajah juga kok. (But me personally not)

MANFAAT SABUN DR. BRONNERS

Bisa dilihat sendiri di packagingnya kalau si Dr. Bronners ini punya khasiat 18 manfaat. Keren banget kan? Biasanya paling kalo gak 2 in 1, maksimal banget 3 in 1 deh! Nah si Dr. Bronners ini langsung berani keluarin produk ajaibnya yg gak cuma buat mandi aja. Oh ya jadi ini bukan sabun badan ya. Makanya mereka claim ini face and body soap. Bisa untuk cuci muka, shampoo, atau bersihin makeup juga bisa lohhh (ya walaupun terlihat agak sayang ya, hehe). Pokoknya bisa dipakai untuk all purpose cleanser deh! 

Untuk visual lengkapnya mengenai manfaat si Dr. Bronners ini kalian bisa liat di packagingnya atau liat video dibawah ini!


Sekarang sabun dari Dr. Bronners ini sudah bisa dibeli di ecommerce kesayangan kita semua seperti Tokopedia, Shopee, Sociolla. Untuk yang gak sabaran pengen beli langsung pake, bisa dicari di guardian terdekat. Harganya sendiri bisa dibeli mulai dari puluhan ribu untuk ukuran yang paling kecil sampai ratusan ribu di ukuran yang medium dan very large.

Oh ya walaupun ini bukan pertama kalinya aku cobain sabun Dr. Bronners, aku juga mau say thankyou untuk JakartaBeautyBlogger dan Dr. Bronners Indonesia yang udah kasih aku kesempatan untuk cobain produk ini lagi, khususnya cobain varian yang belum aku pernah beli sebelumnya.

Aku pribadi cukup merekomendasikan Dr. Bronners ini untuk dicoba. Salah satu sabun tersehat yang bagus untuk kalian yang sangat memperhatikan kesehatan kulit, atau bahkan memiliki kulit yang bermasalah. Mulai dari memiliki kandungan pure organic, tidak ada bahan kimia/pengawet/pewangi buatan seperti SLS, paraben dan alcohol. No reason deh untuk gak cobain dan merawat badan pake si Dr.Bronners ini. Jadi aman dan sehat untuk kulit dan juga lingkungan. 
I highly recommended this product!

Thanks for read my blog!
See you at my next post


  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. mahal ya sabunnya. tapi pengen cobain setelah di review kamu

    ReplyDelete