Paint Your Nails Perfectly At Home !

By Elisabeth Gultom - 10:42:00 PM

 Siapa yang suka ngewarnain kuku nya pake kuteks?? YES, I AM !
Menurut aku kuku juga bagian yang mendukung penampilan. Jadi penting mempercantik kuku-kuku ini. Nah cuman ternyata masih banyak ya cewek yang masih punya masalah atau "gak bisa" pake kuteks yang rapih. Daripada buang duit ke salon buat apply kutek aja, aku akan kasih tips cara memakai kutek yang rapih dan tahan lama !

1. Rapihkan bentuk kuku

Step ini aku lakukan dari jaman aku masih bau kencur loh! HAHA. I mean dari jaman cimik masih SMP gitu. Jadi tuh sebelum pake kuteks pasti yang aku cari gunting kuku. Tapi jangan jorok like me sampah kuku nya berserakan everywhere atau lupa dibuang. 

 Potong kuku gitu ada tips n trik nya juga. Setelah dipotong dan dibentuk sesuai selera kita kukunya, permukaan kuku yang dipotong pasti akan kasar, jadi setelah itu dikikir dengan alat (atau ada beberapa gunting kuku yang menyediakannya). Jangan lupa juga sekaligus dibersihkan ya kutikula nya.

Oia cuci dulu juga yah dengan air keran yang mengalir kukunya supaya tetap bersih dan higienis lalu dikeringkan dulu sebelum di apply kuteksnya.
Jadi, di step awal ini pastiin kuku sudah rapih dan siap untuk dipercantik.

2. Aplikasi Base Coat

Mungkin masih banyak yang belum familiar dengan istilah "Base Coat" yah. Aku coba ngejelasin dengan pemahaman aku sendiri nih. Jadi dulu saat aku sering belanja kuteks dan pernah beberapa kali manicure di salon (sok kaya dan gada waktu percantik diri sendiri dirumah doeloe) mereka menyarankan pake ini dulu. 

Base Coat ini dipake sebelum apply si kuteks supaya nutupin kekurangan si kuku-kuku seperti garis-garis ataupun kerusakan lainnya. (maybe i will make a content for this only for more). Setelah itu kuteks yang diaplikasikan diatas base coat akan terlihat lebih rapih dan warna yang diberikan dari kuteks tersebut lebih intense.

3. Aplikasikan Kutek 

Baru deh masuk ke part yang dinanti-nanti aka klimaksnya. Ambil nail polish yang mau kita apply ke kuku kita. Untuk olesan pertama agak tricky sih menurut aku. Pasti akan tebel dan intense banget jadi biasanya aku usapin sedikit ke mulut botol supaya konsistensi warnanya sama dengan semua jari nantinya. 

Cara pengolesannya bebas ajasih ya. Senyamannya aja mulai dari mana. Kalo aku pribadi biasanya mulai dari tengah kuku kemudian rapihin bagian pinggir kanan dan kirinya sampai menutupi seluruh permukaan kuku. 

Apakah cukup 1x pengolesan? Kalo aku tergantung kuteksnya apa dan warnanya juga. Balik lagi harga gak bohong. Kalo aku pake nail polish yang branded seperti OPI Nail polish, sekali aja cukup sih (sayang jugak guys, mahal) tapi tergantung warnanya juga. Brand ala-ala atau yg unbranded untuk warna yang bold or dark gitu kadang sekali oles aja cukup kok. Cuman untuk warna nude sudah pasti aku apply dua lapis (untuk yg branded tentatif)

Jika ingin di apply 2 lapis, pastiin saat mau melakukan apply lapis kedua kuteks yang layer pertama sudah kering. Ini nih bagian yang biasanya bikin kutek jadi gak rapih. Akan terlihat ada bagian yang ngegumpel dan terlihat tidak sama ketebalannya.

Sedikit tips tambahan juga, untuk bagian ujung-ujung kukunya biasanya aku buat lebih tebel karna bagian itu yang paling riskan akan cepet mengelupas dan tidak kokoh. Itu supaya lebih awet aja di kuku-kuku cantik ini.

4. Aplikasi Top Coat

Apa sih bedanya "top coat" dengan "base coat" ? 
Aku juga tau ini dari ahlinya ya. Sebenernya ini antara perlu dan gaperlu. Sesuai dengan namanya yah, Top Coat ini digunakan setelah pemakaian si kuteks. Kegunaanya lebih memberikan efek mengkilap aja. 

Sebenernya base and top coat sama-sama penting. Jadi perlu punya keduanya. Hanya saja, beberapa kuteks (yg aku punya) saat diaplikasikan udah ada yang bisa kasih efek mengkilap soalnya. Hehe. Jadi terkadang aku skip tahap ini.

5. Keringkan Si Kuku-Kuku Cantik

Sebenernya ada beberapa cara untuk keringin si kuteks supaya cepet kering. Kalo aku yang paling standarnya aku tiup-tiup aja atau engga aku keringin di kipas angin. Setelah kering aku biasanya celupin ke dalem air dingin. Kalo ini aku dapet infonya dari beberapa sumber di internet yang konon katanya bisa bikin kuteks cepat mengeras dan awet.

Sudah segitu saja nampaknya tips dari aku cara pengaplikasian kuteks yang rapih dan benar (based on my version). Intinya sih untuk last result dari pengaplikasian kuteks yang rapih dan benar ini bisa menggunakan kuteks apa saja. Disini aku tidak membicarakan jenis kuteks yang bagus dan sehat. Gimana kita apply nya dan ngikutin step nya pasti akan terlihat, faboulus!
Selamat mencoba, girls :)


Thanks for read my blog!
See you on my next post 


  • Share:

You Might Also Like

1 comments